Javasianan.com - Whatsapp siapa yang gak kenal dengan aplikasi ini, bahkan bisa dikatakan hampir semua pengguna Ponsel Pintar di Indonesia pasti telah menginstall aplikasi Perpesanan dan Komunikasi online berikut ini.

Kenapa begitu? Saya rasa alasannya sederhana sih yaitu karena tampilan antar muka yang baik, kemudahan fitur, ringan dan sangat Mobile Friendly untuk pengguna android di Indonesia.

Artikel kali ini kita sama - sama akan membahas dua jenis Whatsapp yang bisa kamu gunakan sebagai platform Layanan komunikasi di Hp anda.
Baca Juga: Cara Whatsapp Centang Satu Tapi Tetap Online
Dua aplikasi ini adalah sama namun memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda, apa sajakah itu? Yuk kita bahas disini.

Persamaan Whatsapp Messenger dan Business

Seperti namanya Whatsapp Messenger dan Business ibarat anak kembar yang dilahirkan dari Orangtua yang sama, jadi bisa dikatakan hampir semua hal yang ada di Whatsapp Business ada di Whatsapp Messenger.

Tapi bukan berarti sama yah, karena tujuan penciptaannya saja berbeda dari Whatsapp Business dan Whatsapp Messenger.

Nah, kali ini kita akan membahas kesamaan apa saja yang ada pada Whatsapp Messenger dan Whatsapp Business yaitu:

1. Tampilan Antar Muka Yang Sama

Whatsapp Messenger

Whatsapp Business
Dari gambar diatas bisa dilihat jika tampilan antarmuka dari dua Whatsapp ini adalah sama baik itu dari letak Menu, Kotak Pesan, Status, Riwayat Panggilan sampai dengan desain pesan saat anda mau mengirim pesan ke Teman anda.

2. Whatsapp Web

Kedua aplikasi berikut ini juga bisa kamu gunakan untuk membuka akses Whatsapp Web di Laptop atau Hp Android kamu lainnya.

Untuk itu kamu bisa mengakses Whatsapp web di Browser kamu lalu pastikan kamu bisa melakukan scanning Barcode di Layar Laptop atau hp yang digunakan untuk membuka whatsapp web tersebut.

Perbedaan Whatsapp Business dan Messenger

Jika dilihat dari tampil antarmuka di kedua aplikasi tersebut, sekilas mungkin terlihat sama. Namun setelah mencobanya sendiri ternyata banyak hal yang membedakan antara Whatsapp Business dan Messenger yaitu:

1. Perbedaan Logo di Kedua Aplikasi tersebut

Meskipun dibuat oleh Perusahaan yang sama, ternyata Logo atau icon kedua aplikasi ini berbeda loh. Kamu bisa membandingkan icon tersebut mungkin dengan cara melihatnya secara langsung di Playstore atau di Official whatsapp itu sendiri.

2. Tampilan Profile

Pernahkah kamu melihat sebuah Profile Whatsapp seseorang, bisa jadi teman, saudara atau profile whatsapp penjual yang menawarkan barang atau jasanya.

Dari situ anda akan menemukan perbedaan yang sangat menonjol dimana Profile pengguna whatsapp Messenger mungkin terlihat biasa - biasa saja.

Sedangkan untuk pengguna Whatsapp Business disitu kamu bisa melihat Deskripsi Produk, Info Jam Kerja, Katalog Produk dan informasi produk dan harganya.

3. Fitur Balas Cepat

Fitur ini adalah salah satu fitur yang saya cari - cari selama ini, dimana jika kamu menggunakan Aplikasi Whatsapp Business maka kamu bisa menggunakan Fitut Balas Pesan cepat atau Otomatis.

Jadi, setelah anda mengaturnya sedemikian rupa untuk fitur ini, maka kamu bisa merasakan pengalaman menarik dimana pesan yang kamu terima akan otomatis dibalas ketika whatsapp kamu dalam keadaan Online.

4. Fitur Katalog Produk

Khusus buat kamu yang menggunakan Aplikasi Whatsapp Business maka kamu bisa membuat sebuah Katalog produk untuk bisnis kamu dimana kamu bisa menentukan gambar produk atau jasa serta deskripsi dari produk atau jasa tersebut.

5. Labels

Berbeda dengan whatsapp tipe Messenger, untuk whatsapp business maka kamu bisa menentukan label pada setiap pesan yang masuk di Whatsapp Business kamu.

Dengan begitu kamu bakal mudah menentukan dan mengatur setiap konsumen dari produk kamu itu.

6. Fitur Filter Pencarian

Mungkin kamu belum tau jika whatsapp business memiliki Fitur pencarian dimana kamu akan menemukan fitur Filter pencarian yang akan membantu kamu menemukan pesan dari konsumen kamu.

7. Fitur Shortlink

Fitur shortlink atau link pendek adalah Fitur yang sangat bermanfaat bahkan jika kamu menggunakan fitur ini maka orang akan dengan mudah membuka dan memulai pesan pertamanya untuk anda.

Kamu juga bisa membuat pesan singkat secara langsung, jadi setelah link tersebut diklik maka akan secara otomatis orang yang mengklik tautan tersebut akan membuka pesan yang terhubung langsung dengan anda sebagai pengguna whatsapp business.

Hal ini pastinya akan menguntungkan buat anda yang sedang mengelola bisnis dan ingin mendapatkan rating respon yang lebih cepat dari konsumen anda.

8. Dapat Menggunakan Nomor Telepon Rumah

Berbeda dengan Whatsapp Messenger, pada Whatsapp Business anda bisa loh mendaftarkan nomor telepon rumah anda ke Whatsapp khususnya Whatsap Business.

Kesimpulan

Dari berbagai persamaan dan perbedaan diatas, maka bisa disimpulkan bahwa Whatsapp Business memiliki Fitur yang lebih lengkap dan lebih baik dari whatsapp Messenger.

Selain itu banyak orang yang mengatakan bahwa Whatsapp Business itu hanya digunakan oleh orang - orang yang mau menawarkan bisnis mereka terhadap target konsumen yang telah diincarnya.

Namun kenyataannya Fitur seperti pesan otomatis, Label, Pencairan Filter mungkin juga dibutuhkan untuk para pengguna whatsapp untuk kepentingan pribadinya.

Post a Comment

Follow by Email