Cara Membuat Password Lebih Kuat dan Mudah Diingat
Javasiana.com - Mudah Diingat tetapi tetap kuat, mungkinkah ini dilakukan bagi banyak orang? Nyatanya hampir kebanyakan orang membuat Password yang mudah diingat karena menggunakan data Informasi yang ada pada dirinya.

Bisa jadi Tanggal Lahir seseorang, panggilan, tempat tinggal, atau bahkan mungkin mereka menggunakan Password yang hampir menyerupai nama mereka sendiri namun ditambahkan dengan Karakter lainnya seperti Angka ataupun Simbol Seperti contohnya: "v4n3$s@ala¥".

Mungkin gak sih Password seperti itu masih bisa diretas? Mungkin banget apalagi jika kalian mengenal yang namanya web - web Phising itu, dimana anda akan mengisi sebuah Survei dengan Identitas atau Email anda dengan embel - embel mendapatkan imbalan.

Lalu, bagaimana mendapatkan ide membuat Password yang lebih kuat tapi mudah diingat? Maka dari itu artikel kali ini akan membahasnya secara lengkap.

Cara Membuat Password Yang Kuat dan Mudah Diingat

Password atau Kata Kunci adalah sebuah Rangkaian Kata berupa gabungan dari Angka, Huruf, Simbol yang dirangkai sedemikian rupa sebagai Kunci untuk mengakses atau membuka sesuai yang terkunci.

Maka dari itu, penting bagi anda membuat Password yang kuat dan aman tapi mudah diingat. Seringkali kita membuat Password panjang, apa itu menjakin Keamanan dari Kunci itu sendiri?

Tidak, oleh karenanya dibawah ini akan saya jelaskan gimana membuat Password yang kuat dan aman serta Tips agar tidak kecolongan.

1. Password haruslah lebih dari 8 Karakter

Cara Membuat Password Lebih Kuat
Kenapa harus lebih dari 8 Karakter? Umumnya standar minimal karakter yang harus ada dalam sebuah Password haruslah lebih dari 8 Karakter suka atau tidak suka hal ini sudah menjadi ketetapannya.

Tapi bukan berarti anda dengan yakinnya menetapkannya sebagai Standard kuat sebuah Kode Password.
Dari yang saya pelajari sebuah Password akan lebih kuat jika memiliki Panjang lebih dari ketetapan yang telah ditentukan.

Semakin panjang sebuah Karakter dalam sebuah Password, umumnya membuat seorang Hacker membutuhkan setidaknya berpuluh - puluh tahun untuk bisa Mendapatkan Akses Kunci tersebut.

Contoh sederhana yang bisa saya berikan kepada anda adalah jika senuah Platform menetapkan Standar sebuah Password Minimal 8 Karakter maka anda bisa menambahkannya seperti ini.
  • Kata Kunci "password" (mengandung 8 karakter).
  • Maka anda bisa menambahkannya seperti "inipasswordkuat".

Dengan begitu jumlah Karakter dalam sebuah Password berjumlah 14 Karakter dan tidak terkungkung dengan minimal Karakter yang ada dalam sebuah Password agar menjadi sebuah Password yang kuat.

2. Menggunakan Kombinasi Huruf (Kecil dan Besar)

Cara Membuat Password Lebih Kuat
Kombinasi huruf besar dan kecil juga bisa menjadi pilihan bagi anda agar Password tersebut jauh lebih aman dari sebelumnya. Dari data yang saya kumpulkan password yang kuat adalah Password yang dikombinasikan dengan huruf kecil dan besar.

Contoh terbaik yang bisa saya berikan kepada anda adalah seperti.
  • "Password" adalah jumlah minimal Karakter dalam sebuah Password.
  • "inipasswordkuat" adalah Password yang lebih kuat dari sebelumnya.
  • "IniPassWordKuat" adalah contoh password yang jauh lebih kuat dibanding dengan password - password sebelumnya.

Dari cuplikan contoh diatas, bisa kita simpulkan, bahwa meskipun Password berhasil ditebak maka mereka harus menentukan apakah huruf tersebut menggunakan Huruf (Besar / Kecil).

3. Mengkombinasikan Password dengan Karakter Lain

Membuat Password yang panjang adalah hal mudah, tapi apakah itu membuat Password Lebih aman? Salah satu cara lainnya agar Password menjadi lebih sulit lagi untuk ditebak adalah dengan menambahkan kombinasi antara huruf, angka dan juga simbol.

Sebagai contoh maka anda bisa melihat cuplikan dibawah ini lebih jelas.
  • "IniPassWordKuat" adalah Password dengan panjang lebih dari 8 Karakter dan dilengkapi dengan Kombinasi huruf Kecil dan Besar.
  • Akan jauh lebih kuat jika ditambahkan dengan Kombinasi angka dan gambar seperti; "¡niP44ssW0rdKu4t".

4. Jangan Menambahkan Data Pribadi Didalamnya

Pada dasarnya password akan lebih mudah ditebak jika anda menggunakan data atau informasi pribadi didalamnya seperti halnya: Nama, Tempat tinggal, Tanggal Lahir, Pendidikan, Nama Anggota Keluarga dan sebagainya.

Maka dari itu jauhi penggunaan Informasi pribadi yang ada pada diri anda agar password lebih aman dan kuat nantinya.

5. Menggunakan Kata - Kata Yang Random

Cara Membuat Password Lebih Kuat
Sebagai tahap akhir dalam pembuatan password yang aman dan kuat, Random adalah sebuah istilah yang menunjukkan kata yang acak didalamnya.

Jadi jika anda telah menentukan password dengan Kombinasi karakter yang tepat, maka pada tahap ini anda bisa menjadikan password tersebut menjadi password yang random dan pastinya akan jauh lebih sulit untuk dibobol.

Contoh yang bisa saya berikan adalah sebagai berikut.
  • "¡niP44ssW0rdKu4t"dalah Password kuat namun masih bisa ditebak karena kata - katanya bisa dibaca.
  • Selanjutnya jika ditambahkan dengan kata yang Random (acak) akan terlihat seperti: "P44sKu4t¡niW0rd".

6. Menggunakan Note Kecil Untuk Menyimpan Sandi

Pada akhirnya jika anda merasa bahwa password yang telah anda ciptakan sulit diingat maka anda bisa menyimpan password tersebut dalam sebuah Note atau Buku catatan kecil.

Saran saya adalah jangan menyimpan password dalam bentuk digital baik itu dokumen berupa Docx, software, aplikasi dan sebagainya karena hal ini bisa menjadi celah bagi para Hacker untuk menghembus keamanan anda.

7. Waspada dengan Link atau Web Phising

Jika kalian pernah menemukan dimana banyak web - web phising di luar sana yang tujuannya adalah menarik seseorang untuk masuk ke Halaman phising tersebut lalu kemudian dengan polosnya anda mengisi survei - survei yang tidak logis disana dengan embel - embel pulsa, uang, voucher game dan sebagainya.

Langkah paling mudahnya jika kalian ingin mengetahui apakah web itu adalah web phising atau web aslinya bisa kalian lihat dari url domainnya, isi halaman yang dibuka, dan hal logis didalamnya.

8. Aktifkan Keamanan Tambahan

Mengaktifkan keamanan tambahan adalah salah satu cara mencegah pencurian data yang paling bisa diandalkan selain dari membuat Password kuat dan aman serta mencegah seseorang mengambil data lainnya dalam bentuk web phising.

Untuk mengaktifkan keamanan Ekstra, mungkin anda akan diminta menambahkan No Telepon, Device yang sering digunakan, Pertanyaan - Pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh anda dan masih banyak lagi.

Jika anda melihat sistem keamanan tambahan di akun Google Mail (Gmail) maka anda bisa melihat contoh terbaik tentang keamanan ekstra, dimana ada dua cara lainnya untuk memverifikasi apalah itu anda atau orang lain yang mencoba mengakses data anda.

Kesimpulan

Password bisa diibaratkan sebuah kunci yang dapat membuka pintu Rumah, dimana seseorang bisa melakukan segala sesuatu di dalam rumah tersebut dan juga bisa mengambil barang - barang berharga didalamnya.

Jadi, sudah sepatutnya kita memastikan agar kunci tersebut tidak bisa ditemukan orang lain yang tidak bertanggung jawab untuk menjaga data - data berharga yang ada didalam akun tersebut.

Post a Comment

Follow by Email